Ini Dia Struktur Teks Puisi

 Puisi

Anda gemar membaca puisi? Anda ingin mendapatkan puisi dengan struktur yang baik dan enak untuk dibaca? Maka anda bisa mempelajari struktur teks puisi itu lebih dahulu. Struktur puisi terdiri dari struktur fisik dan struktur batin puisi. Struktur fisik puisi terdiri atas hal-hal berikut ini, diksi yaitu pemilihan kata-kata yang dilakukan oleh penyair dalam puisinya. Sementara imaji yaitu kata atau susunan kata-kata yang dapat mengungkapkan pengalaman indrawi, seperti penglihatan, pendengaran, dan perasaan. Kemudian kata konkret yaitu kata yang dapat ditangkap dengan indera yang memungkinkan munculnya imaji. Kemudian yang berikutnya adalah gaya bahasa yaitu penggunaan bahasa yang dapat menghidupkan atau meningkatkan efek dan menimbulkan konotasi tertentu. Sudah selesai? Belum, karena masih ada beberapa hal lainnya yang mendukung struktur fisik puisi, yakni Rima atau Irama adalah persamaan bunyi pada puisi, baik di awal, tengah, dan akhir baris puisi. Dan yang terakhir adalah tipografi yaitu bentuk puisi seperti halaman yang tidak dipenuhi kata-kata, pada tepi kanan-kiri, pengaturan barisnya, hingga baris puisi yang tidak selalu dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik. Ini Dia Struktur Teks Puisi dan hal-hal tersebut sangat menentukan pemaknaan terhadap puisi.

8 struktur puisi

Kemudian struktur bathin puisi terdiri atas tema atau makna (sense) ; media puisi adalah bahasa. Kemudian tataran bahasa adalah hubungan tanda dengan makna, kemudian maka puisi harus bermakna, baik makna tiap kata, baris, bait, maupun makna keseluruhan. Kemudian ada rasa (feeling), yakni sikap penyair terhadap pokok permasalahan yang terdapat dalam puisinya. Ada juga nada atau tone, tone ini adalah sikap penyair terhadap pembacanya. Nada juga berhubungan dengan tema dan rasa. Penyair dapat menyampaikan tema dengan nada menggurui, mendikte, bekerja sama dengan pembaca untuk memecahkan masalah, bisa juga dengan menyerahkan masalah begitu saja kepada pembaca, bisa dengan nada sombong, menganggap bodoh dan rendah pembaca. Yang terakhir adalah amanat atau tujuan atau maksud yang disebut sebagai itention ; yaitu pesan yang ingin disampaikan penyair kepada pembaca. Bagi anda yang penasaran dengan contoh yang lebih jelasnya, maka ini adalah Ini Dia Struktur Teks Puisi.

Demikian adalah struktur isi puisi, yakni struktur fisik dan struktur batinnya. Kemudian bagi anda yang belum paham betul mengenai puisi, puisi adalah bentuk dari sebuah karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengonsentrasian struktur fisik dan struktur batinnya. Puisi adalah karya sastra tertulis yang paling awal ditulis oleh manusia. (Herman Waluyo). Sementara itu ada juga yang berpendapat, Puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias (imajinatif). (Sumardi). Nah Ini Dia Struktur Teks Puisi yang harus anda pelajari untuk membuat puisi yang sempurna dan sesuai dengan kaidah yang berlaku.

baca juga artikel tentang puisi tanah air, puisi nasionalisme

Author: 

Related Posts