Ini Dia Puisi Untuk Anak Sd Tentang Sampah

 Puisi

Sampah adalah sebuah isu serius yang tak mampu diselesaikan dalam jangka waktu dekat, sampah adalah masalah masyarakat yang terus bertambah dari hari ke hari. Sampah rumah tangga adalah sampah yang paling banyak mendominasi tempat pembuangan akhir. Walaupun sampah rumah tangga itu identik dengan sampah sisa memasak seperti sayuran dan aneka buah yang bisa cepat membusuk, namun sampah rumah tangga juga berisi barang-barang non organik seperti plastik dan kaca, misalnya plastik bekas shampoo, bekas pewangi dan botol kaca bekas minyak wangi. Belum lagi jika ada stirofoam, produk buatan manusia itu sangat susah untuk dimusnahkan, dibakar memang bisa namun asapnya dapat merusak lapisan ozon, jika dipendam dalam tanah baru bisa musnah sekitar seribu tahun. Selain itu stirofoam tak akan bisa didaur ulang, maka sampah yang satu itu benar-benar membuat pusing saja jadinya. Sudah cukup berat dengan banyaknya sampah rumah tangga, lingkungan menjadi semakin rusak dan tak terawat dengan kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah, bahkan anak SD saja tahu bagaimana buang sampah yang seharusnya itu. Ini Dia Puisi Untuk Anak Sd Tentang Sampah.

5 puisi tentang sampah

saat masih duduk di bangku SD, maka anda akan diajari untuk membuang sampah pada tempatnya, membuang sampah selalu di tempat sampah dan tak boleh sembarangan karena akan membuat lingkungan kotor dan membuat pemandangan jadi tak sedap dipandang karena banyak sampah dimana-mana. Anda juga akan diajarkan untuk tidak membuang sampah di selokan karena akan menyumbat aliran air, menyebabkan banjir. Begitu pula untuk tidak membuang sampah ke sungai, karena juga akan mengakibatkan sampah-sampah tersebut menyumbat aliran sungai sehingga membuat sungai meluap saat musim hujan besar, akhirnya apa? Terjadi banjir! Tetapi ternyata semua pendidikan itu hanya bertahan saat anda masih SD dan tidak tetap berada di dalam diri anda sampai anda dewasa, kenyataannya yang membuang sampah sembarangan, yang membuang sampah ke selokan dan membuang sampah ke sungai adalah anda-anda yang sudah dewasa. Apa tak malu dengan anak SD? Mereka saja buang sampah dengan tertib, Ini Dia Puisi Untuk Anak Sd Tentang Sampah yang mungkin bisa mengetuk hati anda untuk berhenti membuang sampah sembarangan lagi.

Ayo mulai perbaiki diri, ubah kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan dan membuang sampah ke sungai. Biasakan untuk membakar sendiri sampah rumah tangga, memilah-milah sampah yang bisa didaur ulang misalnya plastik dan kaca. Membakar sampah kertas dan dedaunan kering lebih baik, belum lagi sampah rumah tangga yang terdiri dari kulit sayur dan kulit buah, atau berbagai sisa makanan yang tak habis disantap selain bisa dijadikan pakan ikan, maka bisa juga dibenam di dalam tanah, setelah dua minggu tanahnya bisa digunakan sebagai pupuk organik lho! Untuk membedakan sampah rumah tangga itu sangat mudah, sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang berupa bahan yang bisa busuk, seperti sisa makanan dan kulit sayuran serta kulit buah. Sementara itu sampah anorganik adalah sampah yang tak bisa busuk dan harus melewati proses daur ulang untuk mengolahnya kembali, misalnya plastik dan kaca. Ayo jangan kalah dari anak SD dalam mengolah sampah, Ini Dia Puisi Untuk Anak Sd Tentang Sampah untuk menyemangati anda agar tidak buang sampah sembarangan lagi.

baca juga artikel tentang puisi tuhan, puisi tentang agama

Author: 

Related Posts