Ini Dia Puisi Tentang Hutan

 Puisi

Hutan adalah bagian dari sumber daya alam yang memiliki peranan penting bagi kita. Menurut Wikipedia hutan adalah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan maupun tumbuhan lainnya. Mendengar kata hutan pasti yang terlintas di pikiran kita adalah lahan yang luas, rindang, hijau, penuh dengan pepohonan, penuh dengan udara sejuk, sekaligus tempat yang bebas dari polusi. Rindanganya pepohonan serta jauhnya dari hirup pikuk lingkungan perkotaan, menjadikan hutan adalah salah satu kawasan yang istimewa. Ada beberapa macam hutan hutan yang dibagi berdasarkan beberapa klasifikasi. Seperti menurut asal hutan itu ada hutan sekunder, maupun primer. Ada banyak sekali fungsi hutan, salah satunya adalah sebagai salah satu area resapan air yang bisa mencegah banjir. Tumbuhan membutuhkan air untuk proses kelangsungan hidupnya. Salah satu daerah yang mampu meresap air dengan banyak adalah kawasan hutan. Ini Dia Puisi Tentang Hutan, yang fungsi dan manfaatnya tak pernah bisa lepas dari kehidupan kita. Ketika musim hujan tiba fungsi sebuah hutan sangat diperlukan, pasalnya di daerah perkotaan yang sekarang sudah jauh dari rindangnya pepohonan tentunya tidak banyak yang bisa diandalkan untuk mencegah banjir. Untuk itu kita perlu menjaga kelestarian hutan, menjaga ekosistem di dalamnya, agar alam tetap seimbang dan bebagai bencana alam pun dapat ditanggulangi.

3 puisi tentang hutan

Manfaat hutan lainnya adalah memenuhi kebutuhan manusia. Di hutan terdapat bermacam-macam pohon dengan berbagai spesies. Dengan banyaknya tumbuhan yang hidup di hutan tentunya banyak pula tumbuhan atau pohon yang mampu dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Sayangnya terkadang manusia mengambilnya berlebihan tanpa memikirkan dampak dan efek dari kerusakan hutan yang terjadi. Bahkan ada beberapa diantara mereka yang bersikap tak acuh. Seolah hutan bukanlah salah satu tanggung jawab mereka yang seharusnya dibaca. Ini Dia Puisi Tentang Hutan, hutan yang seharusnya menjadi tanggung jawab kita untuk menjaga kelestarian hutan, melindungi ekosistem di dalamnya agag tak puanh. Hutan sudah sewajarnya kita jaga karena merupakan sumber daya alam yang membutuhkan waktu lama untuk sebuah reboisasi. Menanam pohon itu membutuhkan waktu yang tak singkat, bahkan bisa memakan waktu puluhan tahun, jadi berpikirlah terlebih dahulu sebelum melakukan pengrusakan hutan.

Salah satu kerusakan hutan yang sangat kentara akhir-akhir ini adalah pembukaan lahan dengan cara pembakaran hutan. Sungguh sangat disayangkan, bila kasus seperti ini semakin banyak. Harus berapa banyak lagi ekosistem hutan yang rusak. Dampaknya akan mengenai masyarakat umum yang sebenarnya tidak bersalah. Asap dari pembakaran hutan pun juga akan mengganggu aktivitas masyarakat, padahal jelas kita tahu bahwa udara adalah kebutuhan utama manusia. Tanpa udara manusia bisa mati. Ini Dia Puisi Tentang Hutan yang isinya menggambarkan satu perasaan yang peduli terhadap hutan kita. Seharusnya para masyarakat menjaga lingkungan hutan, mengingat betapa pentingnya fungsi hutan tersebut. Hutan adalah milik bersama, yang berarti semua orang wajib menjaga kelestariannya dan mencegah dari kerusakan hutan yang terjadi. Bukannya malah memperparah kerusakan hutan tersebut dengan pembakaran hutan maupun penebangan hutan secara liar.

baca juga artikel tentang puisi malam hari, puisi malam minggu

Author: 

Related Posts