Ini Dia Puisi Tentang Agama Tuhan

 Puisi

Pada era Orde Baru sekitar tahun 90an, agama yang diakui oleh pemerintah Indonesia hanya lima agama saja, yakni agama Islam, agama Kristen, Kristen Katolik, agama Hindu dan juga agama Buddha. Akan tetapi setelah era reformasi, dengan berdasarkan pada Keputusan Presiden atau kepres No. 6/2000, pemerintah mencabut larangan atas agama, kepercayaan dan adat istiadat Tionghoa. Keppres No.6/2000 ini telah dikeluarkan oleh Presiden Abdurrahman Wahid dan kemudian diperkuat dengan adanya Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Republik Indonesia dengan Nomor MA/12/2006 yang menyatakan bahwa pemerintah mengakui keberadaan agama Kong Hu Cu di Indonesia. Sejak saat itu kemudian agama di Indonesia resmi berjumlah enam agama. Yakni agama Islam, agama Kristen Katolik, Kristen Protestan, agama Hindu, agama Budha dan juga agama Konghuchu. Indonesia pun menjadi negara dengan enam agama yang hidup rukun berdampingan. Banyak penyair yang kemudian mengabadikan kehidupan beragama di Indonesia dengan puisi, misalnya Ini Dia Puisi Tentang Agama Tuhan.

6 puisi tentang agama

Jika masih ada yang belum paham betul apa definisi agama itu sendiri, maka sebaiknya baca artikel ini sampai selesai, karena akan dijelaskan apakan itu agama menurut definisi KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Berdasarkan definisi yang dikutip dari Kamus besar Indonesia, maka agama adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. Nah, seperti yang telah dijelaskan di atas sebelumnya, bahwa agama yang diakui di Indonesia ada 6 yakni Agama Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Kong Hu Cu. Agama pertama dengan mayoritas terbanyak adalah agama Islam, jumlah persentase penganutnya di seluruh Indonesia adalah 207.176.162 jiwa (87,18%). Kemudian menduduki peringkat kedua adalah penganut Kristen Protestan dengan jumlah jiwa yang menganut agamanya adalah 16.528.513 jiwa (6,96%). Ketiga adalah agama Kristen Katolik dengan jumlah penganutnya di Indonesia yakni sebanyak 6.907,873 jiwa (2,91%). Kemudian menyusul agama Hindu dengan jumlah penganutnya sebanyak 4.012.116 jiwa (1,69%), setelah itu agama Budha dengan penganutnya sebanyak 1.703.254 jiwa (0,72%). Terakhir adalah Konghucu 117.091 jiwa (0,05%). Semua penganut agama itu bisa rukun dan damai, Ini Dia Puisi Tentang Agama Tuhan.

Walaupun banyak sekali isu SARA yang berembus di tengah masyarakat belakangan ini, seperti isu pembakaran mesjid, pembakaran gereja, isu penghinaan pemuka agama, pelecehan kitab suci dan isu-isu lainnya, syukurlah masih banyak warga negara Indonesia yang masih mampu berpikir jernih dan tidak terpengaruh akan isu-isu murahan tersebut. Akan tetapi ternyata masih banyak pula masyarakat yang dengan mudahnya dimasukkan ke dalam jebakan murahan SARA tersebut dan mengakibatkan banyak pihak terluka, kerugian materi yang tak sedikit dan trauma mendalam pada anak-anak. Karena itulah, manusia yang berpikiran dengan hati panas harus membaca Ini Dia Puisi Tentang Agama Tuhan untuk membuat mereka sadar, bahwa mereka tak boleh mudah terpancing berbagai isu dan memecah belah persatuan Indonesia yang sudah terjaga sejak sebelum zaman kemerdekaan.

baca juga artikel tentang puisi tentang sampah, puisi untuk anak sd

Author: 

Related Posts