Ini Dia Puisi Tanah Air Nasionalisme

 Puisi

Terlahir sebagai generasi muda Indonesia, yang menjejak tanah air ini membuat kita menjadi orang yang bangga dengan gelar sebagai masyarakat Indonesia. Namun kebanggan kita tak akan sempurna sebelum melakukan sesuatu yang berguna bagi tanah air tumpah darah ini. Salah satu cara menunjukkan kebanggan kita sebagai warga negara Indonesia adalah dengan mengetahui sejarah lengkap mengenai negara kita ini. Tahukah kenapa negara kita dinamakan Indonesia? Ternyata nama Indonesia berasal dari berbagai rangkaian sejarah yang puncaknya terjadi di pertengahan abad ke-19. Dalam catatan masa lalu menyebut kepulauan di antara Indocina dan Australia dengan aneka nama, sementara itu kronik-kronik bangsa Tionghoa menyebut kawasan ini sebagai Nan-hai atau Kepulauan Laut Selatan. Sementara itu di dalam berbagai catatan kuno bangsa India menamai kepulauan ini Dwipantara atau Kepulauan Tanah Seberang, nama tersebut adalah nama yang diturunkan dari kata dalam bahasa Sanskerta dwipa yang berarti pulau dan antara yang berarti luar atau seberang. Di dalam kisah Ramayana karya pujangga Walmiki juga menceritakan pencarian terhadap Sinta, yakni istri Rama yang diculik Rahwana, pengejaran sampai ke Suwarnadwipa atau Pulau Emas, Pulau Emas ini diperkirakan Pulau Sumatera sekarang dan terletak di Kepulauan Dwipantara. Ini Dia Puisi Tanah Air Nasionalisme, ternyata negara kita sudah menjadi perhatian dari sejak dulu kala.

3 puisi nasionalisme


Apakah hanya bangsa Tionghoa dan India saja yang sudah mengenal Indoensia sejak zaman dahulu kala? Ternyata bukan, bangsa Arab juga sudah terbiasa pulang pergi ke negara kita untuk berniaga. Terutama ke sebuah pulau yang kaya akan ragam rempah penting yang harganya sangat mahal. Bangsa Arab menyebut wilayah kepulauan itu sebagai Jaza’ir al-Jawi atau Kepulauan Jawa. Nah ada juga nama Latin untuk kemenyan, yakni benzoe, ternyata kata tersebut berasal dari nama bahasa Arab, yakni luban jawi atau kemenyan Jawa, hal itu disebabkan dulu para pedagang Arab memperoleh kemenyan tersebuyt dari batang pohon Styrax sumatrana, yang ternyata dahulu hanya tumbuh di Sumatera saja. Bahkan sampai hari ini jemaah haji kita masih sering dipanggil sebagai orang Jawa lho oleh orang Arab, bahkan termasuk untuk orang Indonesia dari luar Jawa sekali pun! Selain itu di dalam bahasa Arab juga dikenal nama-nama Samathrah (Sumatera), Sholibis (Pulau Sulawesi), dan Sundah (Sunda) yang disebut kulluh Jawi atau semuanya Jawa. Hal itu cukup menunjukkan bahwa negara kita ini terkenal di negara lainnya, bangsa lain bahkan bisa membedakan bangsa kita dengan mudah. Itu sangat hebat bukan? Ini Dia Puisi Tanah Air Nasionalisme

Asal mula nama Indonesia itu tercantum dalam buku Indonesien oder die Inseln des Malayischen Archipel “Indonesia atau Pulau-pulau di Kepulauan Melayu”, buku itu memuat hasil penelitiannya ketika mengembara di kepulauan itu pada tahun 1864 sampai 1880. Banyak yang berpikir Indonesia adalah buatan Adolf Bastian, tapi sebenarnya Indonesia diambil dari tulisan Logan. Sementara itu pribumi yang mula-mula menggunakan istilah “Indonesia” adalah Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara). Ketika ia dibuang ke negeri Belanda tahun 1913, kemudian ia mendirikan sebuah biro pers dengan nama Indonesische Persbureau. Bagaimana? Sudah paham tentang sejarah nama negara kita bukan? Rasanya tak berlebihan jika sekarang kita semakin cinta akan negara kita, dan Ini Dia Puisi Tanah Air Nasionalisme untuk melengkapi kebanggaan kita terhadap tahan air tercinta ini.

baca juga artikel tentang struktur puisi, teks puisi

Author: 

Related Posts