Ini Dia Puisi Pahlawan Kemerdekaan

 Puisi

Kemerdekaan Indonesia berawal dari pecahnya “Perang Asia Timur Raya “, dan saat itu Amerika menyatakan perang kepada Jepang karena mereka melakukan serbuan ke Pusat Pertahanan Amerika Serikat yakni Pearl Harbour pada tanggal 8 Desember 1941. Maka karena itu tentara Jepang dengan armada Angkatan Laut dan Angkatan Udaranya makin bertambah agresif untuk beraksi mendarat di berbagai wilayah Indocina, Filipina, Malaya dan tentu saja Indonesia. Waktu itu pemerintah Hindia Belanda juga merupakan tentara sekutu sehingga menyatakan perang dengan Jepang. Kemudian Jepang pun mendarat ke Indonesia dengan misi untuk melumpuhkan pasukan Belanda disini. Saat itu pendaratan pertama tentara Jepang adalah di Tarakan, setelah itu kemudian merambah ke daerah lainnya yakni Balikpapan, Manado, Ambon, Makasar, Pontianak dan juga Palembang. Selain itu daerah daerah di Jawa juga mereka kuasai. Hingga pada tgl 1 Maret 1942, ketika Jepang mendarat di Banten, di Indramayu dan juga Rembang. Sehingga wilayahnya semakin meluas dengan dikuasainya Batavia tgl 5 Maret 1942, selepas itu tentara Jepang semakin merajalela ke wilayah lainnya yakni Surakarta, daerah Cikampek, daerah Semarang dan juga Surabaya. Membuat Belanda semakin terdesak dengan penyerangan Jepang dan Ooh akhirnya Pemeritah Hindia Belanda menyatakan bahwa mereka telah “menyerah tanpa syarat”. Saat itu pejuang Indonesia sudah menyerukan kemerdekaan, rasa rindu yang mendalam akan kemerdekaan dicurahkan ke dalam puisi-puisi, Ini Dia Puisi Pahlawan Kemerdekaan yang ternyata tak hanya pandai mengatur strategi di lapangan tempur, namun juga piawai merangkai kata untuk menjadi sebuah puisi elok.

8 puisi pahlawan kemerdekaan


Pada awalnya Jepang berakting seakan mereka adalah sekutu Indonesia, dan masyarakat Indonesia pada awalnya menyambut militer Jepang dengan ramah. Keramahan itu bisa dilihat dari sikap kooperatif tokoh tokoh Nasional kita, yakni Ir. Soekarno dan Moh Hatta. Kala itu pemerintahan Jepang bertingkah baik dengan mulai aktif merangkul rakyat kecil, dengan pembentukan berbagai organiasasi masyarakat. Mereka seakan menjadi orang baik yang ingin memajukan masyarakat Indonesia, padahal mereka ini Ada Udang Di Balik Batu, di balik kebaikan mereka sementara membuat masyarakat merasa disamaratakan, ternyata mereka punya tujuan lain. Semua kebaikan Jepang kala itu adalah untuk kepentingan mereka sendiri di dalam Perang Dunia ke II. Beberapa organisasi bentukan Jepang saat itu antara lain :Gerakan Tiga A, Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA), Jawa Hokokai, Seinendan, Keibodan, Fujinkai, Heiho, MIAI, dan juga Pembentukan BPUPKI. Ketika masyarakat mulai menyadari hal tersebut, mulailah bermunculan satu per satu pemberontakan dan ditambah lagi tekanan kuat dari pihak Jepang karena serangan Amerika yang terus menerus. Ini Dia Puisi Pahlawan Kemerdekaan yang membantu para pejuang untuk terus membakar semangat membara demi meraih kemerdekaan yang mutlak.

Serangan Jepang yang berhasil dipatahkan oleh tentara Amerika adalah yang terjadi pada bulan Mei 1942, yakni pertempuran Laut Koral dan pada bulan Juni 1942 dalam Pertempuran Midway. Jepang akhirnya makin lemah karena Amerika menjatuhkan Bom Atom pertamanya di Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 45. Lantas Amerika yang belum puas , tiga hari kemudian tanggal 9 Agustus Bom Atom kedua mendarat Nagasaki. Setelah kedua pusat pemerintahannya dihancurkan maka Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tgl 14 Agustus 1945. Nah, pada masa kosong itulah generasi muda Indonesia mendesak Soekarno dan Moh. Hatta untuk mendeklarasikan kemerdekaan mereka, dan Ini Dia Puisi Pahlawan Kemerdekaan yang membuat kemerdekaan Indonesia menjadi lebih mendalam dan khidmat.

baca juga artikel tentang contoh puisi chairil anwar, puisi cinta chairil anwar

Author: 

Related Posts