Ini Dia Puisi Karya Taufik Ismail

 Puisi

Siapa yang tak kenal Taufik Ismail? Sosok sastrawa Indonesia yang terkenal dan hasil karyanya dicintai semua generasi. Sebelum benar-benar mengaku sebagai penggemar karya Taufik Ismail, sebaiknya anda mengenali sejarah hidup beliau terlebih dahulu. Jadi sosok Taufiq Ismail ini terlahir di kota Bukittinggi, pada tangga; 25 Juni 1935. Di masa kanak-kanaknya sebelum masa sekolah dilalui di daerah Pekalongan dan pertama kali masuk ke sekolah itu di kota Solo. Selanjutnya Taufik Ismail hidupnya berpindah-pindah, dari Semarang ke Salatiga, dan akhirnya menamatkan sekolah rakyatnya di Yogya. Setelah itu kembali ke Bukittinggi untuk melanjutkan SMP. Kemudian melanjutkan SMAnya di Bogor dan kembali lagi ke Pekalongan. Setelah memenangkan beasiswa American Field Service International School pada tahun 1956–1957 untuk mengikuti Whitefish Bay High School di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat dan menjadi angkatan pertama dari Indonesia lho! Setelah lulus beliau lantas melanjutkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan, di Universitas Indonesia (sekarang IPB), dan berhasil tamat pada tahun 1963. Seorang Taufik Ismail juga belajar pada Faculty of Languange and Literature, di American University in Cairo, negara Mesir, sekitar tahun 1993. Hanya saja kemudian pecah Perang Teluk, sehingga Taufiq pulang ke Indonesia sebelum selesai studi bahasanya alias tidak tamat, namun saat itu sudah mulai menulis dan Ini Dia Puisi Karya Taufik Ismail yang menjadi pelepas penatnya selama ini.

6 puisi taufik ismail

Seorang Taufik Ismail ini juga menjadi sosok yang fenomenal karena telah menandatangani Manifes Kebudayaan, yang sebenarnya dinyatakan terlarang oleh Presiden indonesia pertama yakni Presiden Soekarno, hal ini mengakibatkan ia batal dikirim untuk melakukan studi lanjutan ke Universitas Kentucky dan Florida. Bahkan ia juga sampai dipecat sebagai pegawai negeri pada tahun 1964. Untuk karirnya sendiri, Taufiq Ismail ini pernah menjadi kolumnis Harian KAMI untuk tahun 1966-1970. Lantas berselang beberapa tahun kemudian, Taufiq bersama rekan-rekannya yakni Mochtar Lubis, P.K. Oyong, Zaini, dan juga Arief Budiman memutuskan untuk mendirikan Yayasan Indonesia, lantas yayasan itu juga kemudian melahirkan majalah sastra Horison (1966). Ini Dia Puisi Karya Taufik Ismail yang menjadi puisi terfavorit semua generasi.

Taufik Ismail adalah seorang yang begitu berprestasi, karena berhasil mendapatkan banyak anugerah dan penghargaan. Misalnya saja adalah Anugerah Seni dari Pemerintah RI (1970),    Cultural Visit Award dari Pemerintah Australia (1977), South East Asia (SEA) Write Award dari Kerajaan Thailand (1994), Penulisan Karya Sastra dari Pusat Bahasa (1994), Sastrawan Nusantara dari Negeri Johor, Malaysia (1999) dan juga Doctor honoris causa dari Universitas Negeri Yogyakarta (2003). Kemudian membicarakan pernikahannya, Taufiq Ismail sudah menikah dengan seorang wanita bernama Esiyati Yatim pada tahun 1971 dan kemudian dikaruniai seorang anak laki-laki, yang diberi nama Bram Ismail. Taufik Ismail bersama keluarga tinggal di Jalan Utan Kayu Raya 66-E, Jakarta 13120. Demikian adalah biografi singkat Taufik Ismail, silahkan disimak Ini Dia Puisi Karya Taufik Ismail untuk menemani hari-hari anda. Maknai dan buatlah hari anda semakin bersemangat dengan puisi karya Taufik Ismail.

baca juga artikel tentang puisi kahlil gibran, kumpulan puisi kahlil gibran

Author: 

Related Posts