Ini Dia Puisi Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

 Puisi

Anda pasti sering mendengar istilah guru pahlawan tanpa tanda jasa bukan? Akan tetapi, tahukah anda apa arti sesungguhnya dari guru pahlawan tanpa tanda jasa itu sendiri? Sebuah negara tak akan maju jika tak memiliki sumber daya manusia yang hebat, dan kemajuan sebuah bangsa itu ditentukan oleh kemampuan para pendidiknya untuk mendorong, mengembangkan dan mengubah karakter generasi penerusnya di masa yang akan datang. Apabila tidak ada figur pendidik yang baik, maka mungkin sebuah bangsa besar, misalnya seperti Indonesia ini tidak akan dapat menikmati hasil manis dari perjuangan jerih payah putra bangsa yang sudah berusaha keras untuk mendorong perkembangan negara tersebut, yakni guru. Memang Indonesia masih merupakan negara yang berkembang, namun pencapaian Indonesia sampai detik ini hingga saat ini tidak terlepas dari peran guru yang telah membimbing anak muridnya menjadi manusia dewasa dan berperan aktif dalam pembangunan Indonesia. Hanya saja sayang sekali, para pembangun generasi muda yang maju dan berkualitas itu jasanya kurang dihargai, terkadang mereka bahkan hidup di bawah garis kemiskinan, sementara anak didik mereka sudah banyak yang menjadi orang sukses. Sedikit sekali yang menunjukkan rasa terima kasih mereka dalam bentuk fisik, atau materi. Bahkan untuk berterima kasih saja kadang sulit, walau hanya sekedar berbentuk puisi sekalipun. Ini Dia Puisi Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa yang kadang bisa menjadi salah satu bentuk terima kasih yang membuat mereka merasa dihargai.

7 puisi guru pahlawan tanpa tanda jasa

Kehidupan para guru memang sama sekali tak sebanding lurus dengan pengabdian yang mereka berikan. Memang ada banyak guru yang hidup makmur, tapi itu tidak berasal dari penghasilan yang didapatkan bulanan sebagai tenaga pengajar. Biasanya karena mereka memiliki bisnis sampingan yang mereka tekuni, atau dari harta yang memang telah dimiliki sejak lama, atau turun temurun dari keluarga. Lantas bagaimana dengan guru yang terlalu fokus mendidik anak murid, terutama yang berada di pelosok? Mereka kadang terlalu asyik mendidik anak pedalaman yang terasing berbagai macam ilmu pengetahuan, sehingga lupa bahwa mereka hidup di bawah garis kemiskinan dan membutuhkan bantuan juga. Gaji yang layak pun tidak mereka dapatkan, apresiasi yang ditujukan kepada mereka pun sama saja, rendah. Banyak golongan yang tak mengerti betapa penting dan berharganya sebuah peran pengajar atau guru di dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Maka dari itu, bila anda memiliki guru yang benar-benar serius dan fokus mendidik anda saat sekolah dulu, maka anda harus mengapresiasi mereka dengan berterima kasih, di momen khusus berikanlah puisi tanda terima kasih, Ini Dia Puisi Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Memang puisi tidak bisa memberikan efek finansial yang baik untuk kehidupan mereka, hanya saja dengan memberikan sebuah puisi, misalnya Ini Dia Puisi Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa di dalam momen tertentu ,ulang tahun atau hari PGRI, maka guru akan merasa bahwa mereka lebih dihargai, setidaknya secara moril. Semoga setelah semua orang menyadari betapa pentingnya keberadaan seorang guru untuk mencerdaskan anak dan bangsa, maka pemerintah pun tergerak untuk mensejahterakan para pendidik.

baca juga artikel tentang kumpulan puisi karya chairil anwar, puisi chairil anwar tentang persahabatan

Author: 

Related Posts