Ini Dia Puisi Bulan Purnama

 Puisi

Setiap tanggal empat belas dalam satu bulan, maka anda bisa menikmat indahnya bulan purnama di puncak langit. Terlebih apabila cuaca tengah cerah dan langit bersahabat, maka cerahnya bulan purnama bisa membuat anda merasa jadi sosok baru yang semakin bersyukur bisa menyaksikan keindahan bulan purnama. Mengapa bulan purnama hanya akan muncul pada tanggal 14 dalam setiap bulan? Rupanya tanggal empat belas itu adalah tanggal menurut hitungan kalender lunar atau kalender bulan, dan hitungan kalender bulan itu berdasarkan siklus bulan itu sendiri. Jadi bulan purnama adalah merupakan salah satu fase bulan di mana bulan terletak di belakang bumi apabila ditinjau dari matahari. Seperti yang dinyatakan tadi, karena satu siklus bulan lamanya 29.5 hari, maka secara otomatis hitungan bulan purnama biasanya terjadi di antara hari ke-14 dan 15 dalam kalender lunar. Bulan purnama juga gosipnya memberikan pengaruh kepada manusia, munculnya fenomena werewolf atau manusia serigala juga karena berkembangnya efek bulan. Padahal hal tersebut tentu saja tidak masuk akal karena serigala jadi-jadian hanyalah merupakan hasil imajinasi manusia saja. Bukannya hasil penelitian yang jelas riset dan observasinya. Tapi ternyata pengaruh bulan purnama pada biologis dan kehidupan organisme, termasuk juga manusia, memang cukup aneh, serta rentang pengaruh bulan purnama juga cukup panjang. Sangat menakjubkan bahwa adanya pengaruh bulan purnama kepada manusia, yakni pada kesehatannya sangat luar biasa. Mungkin itulah yang menyebabkan adanya Ini Dia Puisi Bulan Purnama.

2 puisi bulan

Para ahli mengatakan bahwa saat ini pengaruh bulan purnama tidak lagi sedahsyat zaman dahulu, berkurangnya pengaruh bulan purnama pada manusia disebabkan oleh zaman sekarang yang sudah modern. Banyaknya tempat yang terkena sentuhan listrik dan berbagai belahan bumi menjadi lebih terang, sehingga adanya bulan purnama di malam hari tak begitu terasa efeknya. Efek yang palig berpengaruh kepada manusia adalah di saat cahaya bulan purnama menerangi setiap sudut bumi yang gelap, sehingga membuat malam menjadi terang dan temaram, lembut serta menenangkan. Bulan purnama membuat pencahayaan di beberapa kawasan tetap terang benderang, namun ternyata kalah karena cahaya listrik, dan ini di luar pengaruh gravitasi. Tapi tetap saja ada juga pengaruhnya terhadap bumi, karena ada bagian bumi yang belum terjangkau penerangan listrik, misalnya alam terbuka, hutan, lautan dan sebagainya yang belum terjangkau oleh penerangan listrik. Nah, disinilah anda bisa merasakan begitu magisnya sinar cahaya bulan purnama. Hal ini juga yang membuat penyair menciptakan puisi khusus tentang bulan purnama. Ini Dia Puisi Bulan Purnama.

Nah, pada zaman dahulu sebelum ada listrik, bulan purnama menjadi agenda bulanan yang ditunggu-tunggu. Karena pada datangnya bulan purnama, langit terang benderang dan bumi pun ikut terang. Di bumi manusia banyak yang melakukan aktivitas siang hari di bawah terang bulan. Misalnya anak-anak yang bermain-main, saling berkunjung ke tetangga dan juga berbagai hal lainnya. Bulan purnama juga terkenal akan keindahannya yang membuat banyak penyair tergila-gila dan menuangkannya menjadi puisi, Ini Dia Puisi Bulan Purnama berisi keindahan dan unsur magis yang terkandung di dalam sebuah malam bulan purnamanya.

baca juga artikel tentang kumpulan puisi tentang ibu, puisi pendek untuk ibu

Author: 

Related Posts