Ini Dia Pantun Pembuka Pidato

 Pantun

Hal yang paling dibenci oleh hampir semua orang adalah bicara di depan banyak orang atau yang biasanya disebut sebagai pidato. Jadi arti langsungnya pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya sendri, atau juga bisa memberikan gambaran tentang suatu hal. Jadi pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal atau peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan oleh khalayak ramai. Sebuah pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Maka karena itu kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Misalnya salah satu contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, atau aneka pidato menyambut hari besar, atau bisa juga pidato pembangkit semangat, bisa juga berbagai pidato sambutan acara atau event, dan juga lain sebagainya. Maka dalam berpidato, dalam penampilan anda, dalam gaya bahasa, dan juga dalam ekspresi anda. Ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, hal itu dimaksudkan agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan tadi, jika perlu Ini Dia Pantun Pembuka Pidato untuk memberikan motivasi terbaik untuk anda yang canggung.

6 pantun pembuka


Memang biasa dikatakan jika pidato adalah salah satu bentuk atau cara penyampaian dan pengungkapan pikiran secara lisan dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau kepada audience. Sebuah kegiatan berpidato disebut dengan orasi. Kemudian orang yang berpidato disebut orator. Kemudian sebagai tujuan pidato adalah untuk menyampaikan gagasan dari si pembicara. Selain tujuan yang sudah disebutkan itu, ternyata pidato juga bertujuan untuk membujuk atau menyampaikan informasi yang ada, atau memberikan hiburan dan juga memberikan perintah. Memang pidato adalah bentuk komunikasi satu arah dan dalam berpidato diperlukan kemahiran dasar, antara lain kemahiran yang harus dimiliki adalah mampu mengungkapkan pikiran secara lisan dengan lancar, mampu menguasai retorika atau juga gaya berbicara dengan bahasa yang baik dan benar, serta yang paling penting adalah memiliki keberanian tampil di muka umum. Masih merasa ragu dengan kemampuan bicara anda di depan umum? Ini Dia Pantun Pembuka Pidato yang bisa membuat pidato anda jadi lebih menarik untuk disimak.

Jika anda sudah memiliki ketiga aspek kemahiran dasar yang wajib dimiliki oleh seorang orator, maka anda harus mengetahui pidato terbagi menjadi beberapa garis besar. Jadi secara garis besar, isi dari sebuah pidato terbagi atas tiga bagian, ketiga bagian itu yakni sebagai berikut: Pertama, pembuka, yakni berisi ucapan rasa syukur, kemudian sapaan kepada pendengar, serta maksud berpidato di depan mereka. Kemudian isi, yang berisi uraian pidato sesuai dengan topik yang akan dibicarakan. Yang terakhir adalah penutup, yang berisi harapan, berisi imbauan, berisi kesimpulan, serta ucapan terima kasih kepada para audience yang mendengarkan pidatonya dengan seksama. Nah, di dalam naskah pidato seringkali diselipkan kalimat-kalimat sapaan untuk pendengar atau tamu yang hadir, beberapa di antaranya Hadirin yang berbahagia, Bapak dan Ibu yang saya hormati. Serta jangan lupakan Ini Dia Pantun Pembuka Pidato yang bisa membuat pidato anda jadi lebih menarik untuk disimak.

baca juga artikel tentang pantun pantun cinta, pantun kangen

Author: 

Related Posts