Ini Dia Pantun Bahasa Jawa

 Pantun

Indonesia adalah negara yang memiliki lebih dari seribu suku dengan budaya, adat istiadat dan juga ragam bahasa daerah. Bahasa yang paling umum dan paling sering diperbincangkan adalah bahasa Jawa. Bahasa Jawa adalah bahasa yang digunakan penduduk bersuku bangsa Jawa di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Selain daerah-daerah tersebut, bahasa Jawa juga digunakan oleh penduduk yang tinggal di beberapa daerah lain seperti Banten (terutama Serang, Cilegon, dan Tangerang) serta Jawa Barat (terutama kawasan pantai utara yang meliputi Karawang, Subang, Indramayu, dan Cirebon). Lantas kenapa bahasa Jawa bisa tersebar ke seluruh pulau Jawa bahkan di beberapa belahan dunia? Ternyata migrasi suku Jawa membuat bahasa Jawa bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, bahkan juga di luar negeri. Karena banyaknya orang Jawa yang merantau ke Malaysia turut membawa bahasa dan juga kebudayaan Jawa ke Malaysia, karena itulah terdapat kawasan pemukiman mereka yang dikenal dengan nama kampung Jawa, padang Jawa. Nah, kemudian di samping itu, terdapat masyarakat pengguna Bahasa Jawa juga tersebar di berbagai wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain bahasa, Ini Dia Pantun Bahasa Jawa.

7 pantun bahasa jawa

Berbicara mengenai penyebaran bahasa Jawa, kawasan-kawasan luar Jawa yang didominasi etnis Jawa atau dalam persentase yang cukup signifikan adalah Lampung dengan persentasi 61,9%, Sumatera Utara dengan persentasi 32,6%, Jambi dengan persentasi 27,6%, Sumatera Selatan dengan persentasi 27%, Aceh dengan persentasi 15,87% yang dikenal sebagai Aneuk Jawoe. Namun khusus masyarakat Jawa di Sumatera Utara, ternyata mereka merupakan keturunan para kuli kontrak yang dipekerjakan di berbagai wilayah perkebunan tembakau, terutama atau khususnya di wilayah Deli sehingga kerap disebut sebagai Jawa Deli atau Pujakesuma (Putra Jawa Kelahiran Sumatera), mereka terkenal dengan dialek dan beberapa kosa kata Jawa Deli. Sementara itu masyarakat Jawa di daerah lain disebarkan melalui program transmigrasi yang diselenggarakan semenjak zaman penjajahan Belanda. Tak hanya bahasa Jawa saja yang tersebar, namun juga pantun yang menjadi warisan leluhurnya, Ini Dia Pantun Bahasa Jawa.

Bahasa Jawa banyak terdapat di Nusantara karena penjelasan yang sudah dijelaskan di atas, namun ternyata selain di kawasan Nusantara, bahkan masyarakat Jawa juga ditemukan dalam jumlah besar di Suriname, yakni sampai mencapai 15% dari penduduk secara keseluruhan, bahkan kemudian di Kaledonia Baru bahkan sampai kawasan Aruba dan Curacao serta Belanda. Kemudian sebagian kecil bahkan menyebar ke wilayah Guyana Perancis dan Venezuela. Karena adanya pengiriman tenaga kerja ke Korea, Hong Kong, serta beberapa negara Timur Tengah juga memperluas wilayah sebar pengguna bahasa ini meskipun belum bisa dipastikan kelestariannya. Namun walaupun belum jelas bahasa Jawa akan lestari di negara-negara yang mempekerjakan TKI dan TKW, namun setidaknya bahasa Jawa sudah dikenal oleh para pekerja disana, serta majikan mereka. Tak mustahil jika kemudian bahasa Jawa pun menjadi bahasa favorit untuk bahasa kedua di negara tersebut kelak. Tak hanya bahasanya saja, namun juga kebudayaan dan juga Ini Dia Pantun Bahasa Jawa yang bisa ikut dilestarikan di luar negeri.

baca juga artikel tentang puisi sahabat jadi cinta, puisi teman

Author: 

Related Posts