Ini Dia Materi Definisi Puisi

 Puisi

Puisi memang tak pernah berakhir, puisi selalu ada penggemarnya dari generasi ke generasi. Seperti layaknya semua bentuk karya sastra yang lain, maka begitu pula jenis karya sastra yang satu ini yakni puisi, puisi juga mempunyai ciri-ciri khusus yang tak bisa disamakan dengan karya seni sasra yang lain. Memang pada umumnya penyair mengungkapkan gagasan dalam kalimat yang relatif pendek-pendek serta padat, jadi jelas tertulis dan tidak bertele-tele. Kalimat yang dipilih adalah kalimat dengan makna yang indah, serta ditulis berderet-deret ke bawah (dalam bentuk bait-bait), bahkan tidak jarang pula puisi menggunakan banyak kata-kata/kalimat yang bersifat konotatif. Selain kalimatnya yang pendek pendek dan juga padat, ditambah lagi adanya makna konotasi yang sering ditemukan di dalam sebuah puisi, mengakibatkan puisi tersebut sangat sulit untuk dipahami. Akan tetapi bagi anda yang benar-benar mampu menjiwai puisi dengan jiwa anda, maka membaca puisi seperti apapun juga anda tak perlu merasa khawatir. Tak ada acuan khusus bahwa sebuah puisi harus diterjemahkan dengan satu terjemahan yang baku. Puisi yang baik justru merupakan puisi yang bisa dimaknai berganda, atau makin banyak makna terhadap puisi tersebut, maka semakin bagus puisi tersebut. Akan tetapi walaupun puisi Jadi jangan heran karena itu diperlukan langkah-langkah sebagai berikut untuk mengapresiasi puisi, terutama pada puisi yang tergolong ‘sulit. Ini Dia Materi Definisi Puisi yang bisa anda pelajari untuk mempelajari apresiasi puisi yang baik dan benar.

9 definisi puisi

Salah satu cara untuk mengapresiasi puisi yang baik dengan benar itu adalah dengan membaca puisi tersebut dengan berulang kali, anda harus benar-benar mempelajari setiap struktur katanya, setiap tulisan kalimatnya, dan pahami betul-betul agar anda tidak salah memaknainya. Kemudian anda juga bisa melakukan pemenggalan dengan membubuhkan beberapa tanda baca berikut ini misalnya garis miring tunggal ( / ), apabila dalam puisi tersebut, ada satu tempat dalam puisi tersebut diperlukan tanda baca koma. Ada juga bisa membubuhkan dua garis miring ( // ) yang bisa mewakili tanda baca titik, tanda baca ini boleh dibubuhkan jika makna atau pengertian kalimat sudah tercapai. Kemudian bisa juga melakukan parafrase dengan menyisipkan atau juga bisa menambahkan kata-kata yang dapat memperjelas maksud kalimat dalam puisi. Bahkan anda juga boleh menentukan makna kata/kalimat yang konotatif (jika ada). Yang terakhir adalah menceritakan kembali isi puisi dengan kata-kata sendiri dalam bentuk prosa yang jelas. Nah, Ini Dia Materi Definisi Puisi yang boleh dijadikan referensi anda dalam berlatih mengapresiasi puisi.

Tak perlu menjadi seorang penyair terkenal terlebih dahulu untuk bisa menjadi seorang yang mengapresiasi puisi, karena anda yang baru mengenali puisi sekalipun boleh memaknai puisi sesuai dengan makna yang ia tangkap di benaknya. Puisi itu adalah gambaran jiwa yang paling bebas, tak ada yang memberi patokan bahwa terjemahan sebuah puisi harus persis dan jelas seperti itu. Makanya saat ada pembaca sebuah karya sastra puisi yang menanyakan makna asli dari puisi yang ia baca, maka orang lain pasti akan menjawab silahkan maknai sendiri puisi tersebut. Karena memang memaknai dan mengapresiasi sebuah puisi itu memang tergantung apa yang ada di dalam benak anda! Ini Dia Materi Definisi Puisi populer yang boleh anda apresiasi sesuai dengan keinginan anda dalam bentuk apa saja, karena puisi itu bebas, puisi itu adalah gambaran jiwa anda yang sebenarnya.

baca juga artikel tentang puisi pendek romantis, puisi romantis singkat

Author: 

Related Posts