Ini Dia Macam Macam Puisi Baru Dan Lama

 Puisi

Mengaku sebagai penikmat puisi? Yakin sudah bisa menjelaskan apa itu puisi? Jika tidak maka sebaiknya anda mengulangi lagi pengetahuan anda tentang puisi tersebut. Pengertian puisi itu sendiri adalah sebuah karya sastra yang bahasanya terikat pasti oleh irama, mantra, rima, larik, dan juga terkat oleh bait. Yang disebut dengan irama adalah alunan yang tercipta oleh kalimat yang berimbang, dibangun oleh selingan bangun kalimat, dan tentu saja panjang pendek serta kemerduan bunyi. Sementara mantra adalah panjang, jumlah, dan juga ketanan suku kata di setiap baris. Sementara rima diketahui sebagai pengulangan bunyi yang berselang. Kemudian apa yang disebut dengan larik? Larik adalah jumlah baris pada puisi. Para pecinta puisi pasti tahu jika puisi terbagi menjadi tiga jenis periode, yakni puisi lama, puisi baru dan juga puisi modern atau juga biasa disebut sebagai puisi mutakhir. Yang disebut dengan puisi lama adalah Puisi lama adalah jenis puisi yang masih terikat oleh syarat-syarat tradisional dan juga menggunakan pola-pola atau menggunakan aturan tata bahasa tertentu. Puisi lama terbagi juga ke dalam beberapa jenis, puisi lama itu terdiri dari pantun, gurindan, syair, mantra, karmina, dan bidal. Namun sayangnya puisi lama biasanya tidak diketahui nama pengarangnya dengan pasti, hal itu karena puisi lama sifatnya turun temurun seperti warisan. Ini Dia Macam Macam Puisi Baru Dan Lama lengkap dengan contohnya yang patut anda pelajari sebagai pecinta puisi.

10 macam macam puisi baru

Kemudian apa yang disebut sebagai puisi baru? Yang disebut sebagai puisi baru adalah puisi yang sudah mendapat pengaruh dari puisi barat. Jadi puisi baru itu tidak terikat oleh aturan baris, tak terikat larik, tak terikat mantra, maupun rima. Berbeda halnya dengan puisi lama yang tak jelas siapa penulisnya, karena puisi lama dibuat di masa lalu dengan dokumentasi seadanya dan jarang tertulis. Karena puisi baru dibuat di era modern, maka puisi baru biasanya diketahui nama penuilsnya. Nah, puisi baru berkisar antara angkatan balai pustaka sampai dengan angkatan tahun 1960-an dan penyair Indonesia kebanyakan juga mulai bermunculan pada tahun 60-an. Kemudian puisi modern atau puisi mutakhir adalah puisi yang lebih memprioritaskan atau mengutamakan isinya daripada ikatan-ikatan lain dalamnya. Jelas seperti puisi modern atau puisi kekinian ini, maka penyair seperti terbebas dari ikatan-ikatan yang biasanya ada di dalam puisi. Era puisi mutakhir ini dimulai pada tahun 1970-an hingga sekarang. Bagi anda yang ingin mencoba untuk memahami contoh-contoh puisi lama dan puisi baru, Ini Dia Macam Macam Puisi Baru Dan Lama.

Lalu seperti apa perbedaan antara puisi lama dan juga puisi baru? Pada puisi lama irananya bersifat tetap, yaitu dua patah kata dalam sekali ucap. Sementara itu pada puisi baru jauh lebih dinamis mengikuti pikiran dan perasaan penulisnya itu sendiri. Kemudian bentuk puisi lama masih terikat oleh syarat-syarat tradisional dan juga terikat oleh aturan tata bahasa, sementara itu puisi baru bentuknya lebih bebas dan puisi tersebut tidak terikat pada aturan apapun. Selain itu perbedaan antara puisi lama dengan puisi baru terletak pada puisi lama biasanya tidak dikenal nama penulisnya sedangkan puisi baru biasanya dikenal karena sudah ada publikasi di dunia modern. Cara membedakan puisi lama dan puisi baru itu adalah cara penyebarannya, cara penyebaran puisi lama secara lisan dari mulut kemulut sedangkan puisi baru disampaikan secara lisan dan juga tulisan. Yang terakhir perbedaannya adalah puisi lama biasanya berisi nasihat-nasihat, sementara itu puisi baru biasanya berisi curahan hati penulis atau pengarangnya. Yuk disimak beberapa macam puisi baru dan puisi lama terbaik untuk anda, Ini Dia Macam Macam Puisi Baru Dan Lama. 

baca juga artikel tentang puisi puisi, puisi puisi cinta

Author: 

Related Posts