Ini Dia Kata Kata Soe Hok Gie Terbaik

 Kata mutiara bijak cinta

Tahukah anda siapa Soe Hok Gie? Bagi anda mahasiswa UI pasti tak asing dengan nama ini karena ia adalah salah satu alumnus UI dan pendiri MAPALA UI. Sosok Soe Hok Gie menjadi sangat terkenal karena ia selalu membuat tulisan yang begitu kritis terhadap para pemerintah di orde lama dan juga di orde baru. Walaupun ia meninggal di usia yang sangat muda, bahkan belum genap 27 tahun, namun tulisannya sangat menginspirasi para aktivis di tahun-tahun berikutnya, hingga saat ini. Sosok Soe Hok Gie adalah seorang pemuda keturunan Tionghoa yang terlahir pada 17 Desember 1942. Ia merupakan seorang putra dari pasangan Soe Lie Pit yang seorang novelis dengan wanita Tionghoa yakni Nio Hoe An. Sosok Soe Hok Gie adalah putra keempat dari lima bersaudara keluarga Soe Lie Piet alias Salam Sutrawan. Seperti yang sudah banyak dibicarakan, bahwa Soe Hok Gie merupakan adik dari Soe Hok Djie yang memiliki nama pribumi Arief Budiman. Sejak keduanya masih duduk di bangku sekolah, baik itu Soe Hok Gie maupun Soe Hok Djin sudah sering datang mengunjungi perpustakaan umum dan juga mengunjungi beberapa taman bacaan di pinggir-pinggir jalan di Jakarta. Mereka suka sekali membaca dan selalu penasaran dengan hal-hal yang baru. Ini Dia Kata Kata Soe Hok Gie Terbaik yang menunjukkan bahwa ia bukanlah seorang anak muda biasa.

kata kata soe hok gie

Hebatnya sejak ia masih duduk di sekolah dasar, Soe Hok Gie sudah membaca karya-karya sastra yang serius lho! misalnya seperti karya-karya sastra dari Pramoedya Ananta Toer. Tak heran, karena ayahnya juga merupakan seorang novelis, jadi ia tak asing dengan sastra. Kemudian setelah ia lulus SD, bersama dengan kakaknya melanjutkan ke SMP yang berbeda. Hok Djin (Arief Budiman) memilih masuk Kanisius, sementara itu Soe Hok Gie memilih sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Strada di daerah Gambir. Konon katanya saat duduk di bangku SMP, ia bisa mendapatkan salinan kumpulan cerpen Pramoedya, yakni : “Cerita dari Blora” Padahal cerpen Pram sangat langka saat itu. Hanya saja saat di kelas dua SMP ini prestasinya sangat buruk, sehingga ia harus mengulang pelajarannya alias tidak naik kelas. Soe Hok Gie menolak keras, ia tidak mau mengulang karena ia merasa diperlakukan tidak adil. Kemudian pada akhirnya, Soe Hok Gie memilih untuk pindah sekolah ke sebuah sekolah Kristen Protestan yang mau menerimanya naik ke kelas tiga tanpa mengulang pelajaran. Ini Dia Kata Kata Soe Hok Gie Terbaik yang patut anda simak :

Setelah lulus dari SMP ia masuk SMA dan selama duduk di sekolah menengah atas inilah minat Soe Hok Gie pada dunia sastra makin jelas dan mendalam. Bahkan saat itu ia mulai terarik pada dunia sejarah. Disinilah awal pencatatan kisah perjalanannya yang menarik dan penuh kritik itu. Saat kuliah di UI ia ikut serta mendirikan Mapala UI dan kecintaannya pada gunung membuat salah satu kegiatan pentingnya adalah mendaki gunung. Bahkan sehari sebelum ulang tahunnya yang ke 27 ia meninggal di gunung Semeru, karena menghirup gas beracun di gunung tersebut. Setelah mengalami perpindahan makam beberapa kali, akhirnya jasad Soe Hok Gie dikrmasi, dan abunya disebar di gunung Gede Pangrango. Ini Dia Kata Kata Soe Hok Gie Terbaik yang terkenal dan menginspirasi banyak kawula muda.

baca juga artikel tentang kata kata puisi

Author: 

Related Posts