Ini Dia Jenis Pantun Dan Cara Membuat Pantun

 Pantun

Siapa yang suka pantun? Sudah tahu apa itu pantun dan segala tektek bengeknya? Ini Dia Jenis Pantun Dan Cara Membuat Pantun jika dijelaskan dari asal katanya, maka bisa dijelaskan bahwa pantun berasal dari akar kata patuntun. Jadi artinya pantun merupakan cara memberikan nasehat kehidupan. Pantun juga sebagai tuntunan dalam menjalani kehidupan dalam semua aspeknya. Memang pantun pada dasarnya sebuah karya sastra yang terikat aturan-aturan persajakan tertentu atau peraturan yang khusus dan memang pantun sendiri merupakan bentuk dari puisi lama. Jadi sebuah pantun iu dibagi ke dalam dua bagian. Jadi yang pertama adalah sampiran, kemudian yang kedua disebut isi. Bagian pantun yang bernama sampiran merupakan pembayang yang mengatur rima selanjutnya. Sementara itu bagian pantun yang bernama isi merupakan maksud yang ingin disampaikan. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa sampiran tidak memiliki makna, namun Tenas Effendy menjelaskan bahwasannya pantun sempurna adalah pantun yang sampirannya bisa dijadikan isi, maka isi juga bisa dijadikan sampiran. Namun memang pantun sendiri secara garis besar terdiri dari empat baris, tetapi ada pula yang terdiri dari enam atau delapan baris dalam satu bentuk pantun.

3 jenis pantun

Demikian adalah pengertian dari pantun, kemudian sebuah pantun itu terbagi dari sampiran dan isinya, nah jika ditilik dari isinya, maka klasifikasi pantun dapat diuraikan sebagai berikut, yang pertama adalah   pantun anak-anak, kemudian yang kedua adalah pantun cinta dan kasih sayang, setelah itu adalah pantun adat istiadat, kemudian ada juga pantun agama, selain semuanya ada juga yang dinamakan pantun cerita, serta pantun nasehat dan yang terakhir adalah pantun pujian. Pantun untuk anak-anak tentu saja berbeda dengan pantun untuk dewasa, karena pantun anak-anak itu memiliki suasana yang riang sebagaimana tabiat atau sifat anak-anak yang suka bermain serta sangat ceria. Selain itu pantun anak-anak juga berisi didikan bagaimana anak agar menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur. Jadi jika anda ingin mengajarkan ilmu budi pekerti bagi anak anda, maka anda tak ada salahnya untuk mencoba memberi tahu si kecil dengan pantun pantun anak, Ini Dia Jenis Pantun Dan Cara Membuat Pantun apabila anda ingin membuat pantunnya seorang diri.

Nah kalau pantun kasih-kasihan, pasti sudah bisa menebak jika isinya adalah cinta, memang pantun berkasih-kasihan termasuk pantun untuk muda-mudi yang tengah dilanda asmara. Jadi pantun ini merupakan sarana perkenalan, sarana untuk memberi pujian, dan juga untuk mengungkapkan perasaan. Yang selanjutnya adalah pantun adat istiadat, pantun yang satu ini adalah pantun yang berisikan adat-adat atau tradisi leluhur yang harus dijunjung tinggi, luhur dan bermakna tinggi. Hal itu karena adat merupakan prinsip hidup masyarakat. Ini Dia Jenis Pantun Dan Cara Membuat Pantun, karena dalam pantun tertuang aturan maupun undang-undang tak tertulis. Bisa dikatakan juga jika pantun berfungsi sebagai alat pengatur masyarakat. Memang di dalam pantun adat itu mengandung nilai-nilai murni nan luhur yang mengatur kehidupan masyarakat. Jadi, sekaligus mendapatkan hiburan dari karya sastra pantun, namun juga sekaligus menambah khazanah ilmu pengetahuan.

baca juga artikel tentang kata mutiara cinta islami, kata mutiara agama islam

Author: 

Related Posts