Ini Dia Definisi Pantun Adalah

 Pantun

Anda pasti tahu tokoh anak kecil yang doyan berpantun dalam serial Upin dan Ipin bukan? Ya, si Jarjit namanya. Ia memiliki hobi membuat pantun secara spontan dan juga doyan sekali mengaitkan semua kejadian dengan pantunnya. Sebenarnya pantun itu apa sih? Pengertian pantun yang sebenarnya adalah sebagaimana yang akan dijelaskan berikut ini. Pantun adalah sebuah bentuk puisi lama yang terdiri atas empat larik dengan rima akhir ab ab. Selain itu yang membedakan pantun dengan karya seni sastra lainnya adalah ciri-ciri dari pantun itu sendiri. Ciri-ciri pantun adalah sebagai berikut ini : a. Tiap bait terdiri dari 4 baris. b. Tiap baris terdiri dari 4 atau 5 kata. c. Sajaknya berbentuk ab ab. d. Baris pertama dan kedua merupakan sampiran. e. Baris ketiga dan keempat merupakan isi. Seperti yang sudah dinyatakan, memang karya sastra yang dinamakan dengan pantun ini merupakan sebuah karya sastra yang mewajibkan pembacanya mempelajari dahulu maksud pantun tersebut, sebelum mengatakannya lagi ke orang lain. Memang pantun mengajak kita semua untuk lebih berhati-hati saat bicara, mengajak kita semua untuk memaknai kata kata lebih dahulu sebelum mengucapkannya dan secara tak langsung membuat kita lebih bijak, nah Ini Dia Definisi Pantun Adalah sebuah karya sastra yang membuat pembacanya menjadi lebih bijak dan lebih berhati-hati dalam bicara.

10 pantun adalah

Nama lain pantun dalam bahasa Jawa adalah dikenal sebagai parikan, kemudian jika dalam bahasa Sunda dikenal sebagai paparikan, dan kemudian di dalam bahasa Batak dikenal sebagai umpasa yang dibacanya uppasa. Memang lazimnya pantun terdiri atas empat larik atau empat baris bila dituliskan, setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata, bersajak akhir dengan pola a-b-a-b[1] dan a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b, atau a-b-b-a). Memang pantun pada mulanya merupakan sastra lisan namun sekarang dijumpai juga pantun yang tertulis juga. Nah, yang jadi ciri lain dari sebuah pantun adalah pantun tidak terdapat nama penulis. Itu karena penyebaran pantun dilakukan secara lisan dan bukan tulisan. Jadi jangan heran jika pantun itu tak ada nama pengarangnya yang resmi,karena kebanyakan hanya diucapkan langsung kemudian disebarkan tanpa disebut siapa yang membuatnya terlebih dahulu. Jadi semua bentuk pantun terdiri atas dua bagian: sampiran dan isi. Sampiran adalah dua baris pertama, kerap kali berkaitan dengan alam yakni mencirikan budaya agraris masyarakat pendukungnya, dan biasanya tak punya hubungan dengan bagian kedua yang menyampaikan maksud selain untuk mengantarkan rima/sajak. Dua baris terakhir merupakan isi, yang merupakan tujuan dari pantun tersebut. Sementara itu karmina dan talibun merupakan bentuk kembangan pantun, dalam artian memiliki bagian sampiran dan isi. Karmina merupakan pantun “versi pendek” yakni hanya dua baris saja, sedangkan talibun adalah “versi panjang” yakni enam baris atau lebih. Masih bingung? Ini Dia Definisi Pantun Adalah

Bagaimana? Sudah mendapatkan pencerahan mengenai definisi pantun? Ini Dia Definisi Pantun Adalah sebuah karya seni sastra yang berupa dua bagian yakni sampiran dan juga isi. Pantun tak memiliki nama pengarangnya yang asli karena tak tertulis, alias karya sastra lisan. Tapi setelah modern, pantun baru tetap menjadi hak cipta pengarangnya, karena sudah mengenal publikasi dan juga hak cipta.

baca juga artikel tentang pantun buat pacar, pantun cinta buat pacar

Author: 

Related Posts