Ini Dia Contoh Puisi Bermajas

 Puisi

Contoh Puisi dalam Bermajas ; Penggemar puisi pasti sudah bisa membedakan mana puisi yang mengandung makna tinggi dan mana puis yang hanya dibuat seadanya. Setiap orang bisa membuat puisi, baik itu puisi dengangaya selengan maupun yang paling puitis romantis sekalipun. Akan tetapi untuk memaknainya, maka hanya orang yang benar-benar menyukai puisi saja yang mampu. Sebuah puisi dibangun dari kata-kata yang disusun untuk memberikan unsur keindahan dengan makna yang tersembunyi, atau makna yang tersirat. Puisi yang baik adalah puisi yang mengandung majas. Majas atau gaya bahasa adalah pemanfaatan kekayaan bahasa, atau juga pemakaian ragam tertentu untuk memperoleh efek-efek tertentu yang membuat sebuah karya sastra semakin hidup dan nyata, bahkan bisa dikatakan bahwa sebuah puisi itu adalah keseluruhan ciri bahasa sekelompok penulis sastra dan mengandung cara khas yang menjadi ciri dalam menyampaikan pikiran dan perasaan dari seorang penyair, baik itu secara lisan maupun tertulis. Nah, majas itu digunakan dalam penulisan beraneka macam karya sastra, Di dalamnya termasuk pula puisi dan prosa. Pada umumnya puisi itu dapat menggunakan jauh ebih banyak majas daripada penggunaan majas dalam sebuah prosa. Untuk lebih jelasnya mungkin anda harus melihat contoh puisi itu sendiri, Ini Dia Contoh Puisi Bermajas yang bisa anda pelajari.

8 contoh puisi bermajas


Majas yang biasa digunakan dalam berbagai kalimat bisa digunakan dalam puisi, beberapa diantaranya adalah majas alegori, majas alegori adalah menyatakan sesuatu dengan menggunakan kiasan, atau menggunakan kalimat lainnya. Majas alusio adalah majas yang menggunakan ungkapan yang tak disesuaikan karena memang sudah dimengerti makna aslinya. Sementara itu ada pula majas yang mengungkapkan perbandingan eksplisit yang dinyatakan dengan kata depan atau kata penghubung, misalnya layaknya, seumpamanya dan sejenis itu yang disebut sebagai majas simile. Selain itu ada juga majas metafora, jadi majas metafora adalah gaya bahasa yang membandingkan sesuatu dengan menggunakan kata lainnya karena memiliki makna yang hampir sama. Nah, Antropomorfisme adalah majas metafora yang menggunakan kata atau bentuk lain yang berhubungan dengan manusia untuk hal yang bukan manusia, misalnya adalah pena itu menari-nari. Kemudian ada majas sintesa, nah majas yang satu ini berupa suatu ungkapan rasa dari suatu indra yang dicurahkan lewat ungkapan rasa indra yang terasa lainnya. Majas antonomasia disebut sebagai penggunaan sifat sebagai nama diri atau nama diri lain atau juga sebagai nama jenis. Ada juga majas aptronim, yakni pemberian nama yang cocok dengan sifat atau pekerjaan orang. Masih kebingungan Ini Dia Contoh Puisi Bermajas yang bisa anda pelajari, dan bisa anda lihat macam-macam majas yang diletakkan di dalam puisi tersebut.

Ada banyak sekali sastrawan Indonesia, mereka menjadi orang-orang dengan insting sastranya sangat tajam. Misalnya saja adalah Chairil Anwar yang terkenal dengan puisi-puisinya yang berupa puisi pemberontakan dan juga kematian, WS.Rendra, Taufiq Ismail, Asrul Sani, Sapardi Djoko Damono, Goenawan Mohamad, Sitor Situmorang, Widji Thukul, Emha Ainun Nadjib, A.A Navis, Arifin C Noer, D. Zawawi Imron, Habiburahman El Shirazy, Jan Engelbert Tetangkeng, Joko Pinurbo, Mohammad Yamin, Nirwan Dewanto, Jose Rizal Mantua, Helvy Tiana Rose dan masih banyak lainnya. Anda penikmat puisi pasti tak asing dengan nama-nama yang telah disebutkan di atas, karena mereka sudah menelurkan begitu banyak karya sastra yang dinikmati seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, bahkan sudah tersebar ke negara-negara tetangga. Ini Dia Contoh Puisi Bermajas yang telah mereka ciptakan dengan sepenuh hati, maka karena itu bagi anda yang mencintai puisi sebaiknya membaca karya-karya emas sastrawan Indonesia ini dan menginspirasi anda untuk membuat puisi hasil karya anda sendiri.

baca juga artikel tentang puisi tentang ra kartini, puisi tentang ibu kartini

Author: 

Related Posts