Ini Dia Berbalas Pantun Teka-Teki Lucu Banget

 Pantun

Manusia itu sudah memiliki kodrat sebagai makhluk yang serba ingin tahu dan suka ditantang, sekalipun tantangannya adalah sesuatu yang berupa hal-hal enteng atau bahkan candaan. Misalnya saja teka-teki jenaka yang lucu. Jika si pembuat teka teki itu pandai mengolah kata-kata, atau cerdas menyusun kalimatnya maka yang diberi soal pun akan terpacu untuk menyelesaikannya dengan sempurna. Pada dasarnya teka-teki adalah tebakan atau soal yang berupa kalimat, baik itu cerita atau gambar, yang memang biasanya bertujuan untuk permainan dan mengasah pikiran. Kemudian salah satu ciri teka-teki yakni adanya keambiguan atau ketaksaan dalam berbagai bentuknya, jadi mengundang rasa penasaran bagi seseorang untuk memecahkan teka teki tersebut. Memang teka-teki merupakan sarana bahasa paling populer bila disangkutpautkan dengan kreasi berhumor dalam media bahasa sehari-hari. Dengan adanya ambiguitas teka-teki, ketaklogisan dan ketidakterdugaan yang bersumber dari pertentangan justru merupakan pemicu dari kejenakaan sebuah humor yang disimpan oleh kreatornya alias si pencipa teka teki itu endiri. Makanya masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah krativitas permainan bahasa pada teka-teki, yakni berbagai jenis teka-teki yang meliputi aspek bentuk, dalam aspek kebahasaan, ketaksaan, serta permainan kata, jenis tindak tutur, serta penyimpangan prinsip kerja sama, dan juga komunikasi. Contohnya Ini Dia Berbalas Pantun Teka-Teki Lucu Banget.

4 berbalas pantun teka-teki

Bicara lebih lanjut mengenai teka dan teki, memang selain itu sebuah penelitian teka-teki juga dilihat dari segi fungsinya, yakni fungsinya untuk menghibur, untuk mendidik, dan bahkan untuk mengkritik. Untuk memahami teka teki lucu ini memang perlu mendeskripsikan jenis dan fungsi teka-teki humor. Metode yang bisa digunakan untuk memahami arti dari pantun teka teki lucu ini adalah metode simak, yakni merupakan kegiatan mengumpulkan data dari berbagai buku kumpulan teka-teki. Jadi selain dari buku, maka anda juga bisa mengumpulkan data-data tentang pantun teka teki ini dari internet. Banyak yang menggunakan teka teki menjadi bahan penelitian mereka, misalnya dalam penelitian tersebut pragmatik digunakan sebagai tinjauannya karena satuan analisisnya berupa tuturan yang maknanya terikat dengan konteks si teka teki itu sendiri. Maka karena itu, di dalam analisis data metode yang digunakan yaitu metode dengan bantuan teknik parafrase dan teknik ekspansif. Kemudian pada tahap penyajian hasil analisis, maka para peneliti akan menggunakan teknik informal, yang disebut sebagai teknik informal adalah pemaparan dengan menggunakan kata-kata biasa alias kata kata yang umum. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa sesungguhnya aspek-aspek kebahasaan berperan penting dalam kreativitas teka-teki humor. Bingung dengan penjelasan yang sangat logis tersebut? Nah, Ini Dia Berbalas Pantun Teka-Teki Lucu Banget.

Akhirnya hasil penelitian ini lantas menunjukkan adanya penyimpangan prinsip kerja sama yang sengaja dilakukan oleh si kreator itu sendiri, untuk menciptakan kreativitas teka-teki yang berbentuk humor atau lucu dan mengundang tawa. Jenis tindak tutur yang terdapat dalam teka-teki adalah tindak tutur representatif, direktif, ekspreif, komisif, dan deklarasi. Namun selain itu, di dalam komunikasi, terutama redundasi dan entropi juga berperan dalam berkreativitas teka-teki humor untuk mengecoh dugaan pendengar (pembaca) tentang sesuatu yang akan diinformasikan oleh si pembuat teka teki tersebut. Nah Ini Dia Berbalas Pantun Teka-Teki Lucu Banget yang pastinya asyik banget saling berbalas pantun teka teki bersama dengan teman.

baca juga artikel tentang kata kata pantun, pantun muda mudi

Author: 

Related Posts